Rabu, Juli 24, 2024
BerandaPemerintahanAktivis KAKI Berharap Arif Mulya Adi PJ Bupati Bangkalan Bekerja Sesuai Tupoksi,...

Aktivis KAKI Berharap Arif Mulya Adi PJ Bupati Bangkalan Bekerja Sesuai Tupoksi, Jika Tidak Siap-Siap Diringkus KPK

SURABAYA – Masa Jabatan Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron dan Wakilnya Drs MOHNI MM sudah genap 5 tahun dari masa bakti 2018-2023 dan berakhir di bulan September 2023. Oleh karena itu pemerintah pastinya menggantikan dengan Penjabat Bupati (Pj Bupati) Bangkalan sampai menemukan Bupati devinitif terpilih di 2024.

Diketahui bahwa Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Didik Chusnul Yakin memastikan bahwa pihaknya sudah mengantongi SK untuk Penjabat (Pj) Bupati Wali Kota di 13 daerah yang kepala daerahnya akan habis masa jabatannya di tanggal 24-25 September 2023.

Kepastian itu ia dapatkan setelah ia mendapatkan telepon resmi langsung dari Direktur Fasilitasi Kepala Daerah Ditjen OTDA Kementerian Dalam Negeri, Jumat (22/9/2023).

“Saya kalau belum dapat informasi resmi dan SK resmi dari Kementerian Dalam Negeri tentunya tidak berani menjawab. Tapi siang ini saya baru saja menerima telepon dari Direktur Fasilitasi Kepala Daerah Ditjen OTDA Kementerian Dalam Negeri. Ia menyampaikan detail nama-nama Pj Bupati Wali Kota khususnya yang untuk daerah yang akhir masa jabatan 24 September 2024,” Ucap Didik.

“Dari penjelasan Direktur Fasilitasi Kepala Daerah Ditjen OTDA Kementerian Dalam Negeri tersebut, inilah nama nama Pj Bupati Wali Kota yang telah resmi ditunjuk oleh Mendagri. 

  1. Pj Wali Kota Malang : Dr. Ir. Wahyu Hidayat (Sekda Kota Malang).

“2. Pj Bupati Tulungagung : Dr. Heru Suseno STP. MT (Kadisbun Jatim).

“3. Pj Bupati : Lumajang Indah Wahyuni SH., Ms (Kepala BKD Jatim)

  1. Pj Bupati Pasuruan : Andriyanto (Kepala Brida Jatim.

“5. Pj Bupati Pamekasan : Masrukin S.Sos, Ms (Sekdakab Pamekasan)

  1. Pj. Bupati Magetan : Ir. Hergunadi MT (Sekda Magetan)
  2. Pj Bupati Nganjuk : Sri Handoko Taruna SSTP. Msi (Dir. Kewaspadaan Kemendagri)
  3. Pj Bupati Bondowoso : Bambang Soekwanto (Sekdakab Bondowoso”

“9. Pj Bupati Bangkalan : Arif Mulya Adi (Kemendagri”

“10. Pj Bupati Probolinggo : Ugas Irwanto Ssos., Msi (Sekda Probolinggo)

  1. Pj Bupati Madiun : Ir Tontro Pahlawanto (Sekda Madiun)
  2. Pj Bupati Jombang : Sugiat (Kabinda Sulawesi Barat)”
  3. Pj Bupati dan Walikota Kota di Jatim

“Sedangkan satu Pj yang lain dikatakan Didik masih akan dikomunikasikan lagi. Karena menurutnya yang diprioritaskan adalah untuk PJ yang kepala daerahnya habis masa jabatan pada 24 September 2023 yakni 12 Pj setelah itu baru satu Pj Bupati dan Walikota di Jatim,” ungkap Didik Chusnul Yakin.

Menanggapi PJ Bupati Bangkalan Arif Mulya Adi (Kemendagri), Moh Hosen Aktivis Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Dewan Pimpinan Wilayah Provinsi Jawa Timur berharap bekerja sebagaimana tugas pokok dan fungsi (tupoksi) jika tidak ingin dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam artian jika selama menjabat jadi Pj Bupati Bangkalan dibuat kesempatan untuk memperkaya diri dengan menghalalkan segala cara demi keuntungan pribadi beristilah mengambil keuntungan dalam kesempatan, maka Pj Bupati Bangkalan Arif Mulya Adi (Kemendagri) siap siap di ringkus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” Ungkap Aktivis KAKI, Sabtu 23 September 2023.

Penulis: KUSNADI

Disklaimer

Dasar Hukum Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menegaskan sebagaimana dalam Pasal 28 F Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyebutkan bahwa setiap Orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh Informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments