Rabu, Juli 24, 2024
BerandaEpsonCara Reset Printer Epson L360 Secara Manual Dan Makai Sofware

Cara Reset Printer Epson L360 Secara Manual Dan Makai Sofware

Tekno.hosnews.id- Beberapa orang mencari tahu cara reset Printer Epson L360. Pasalnya, printer seringkali terjadi error  saat mencetak atau scan dokumen. 

Printer Epson L360 merupakan perusahaan elektronik asal Jepang yang telah meluncurkan berbagai jenis alat yang berkaitan dengan grafis, perangkat komputer, dan peralatan informasi.

Sebagian produk yang populer dari perusahaan tersebut adalah . Perangkat merek Printer Epson juga sering kita jumpai di berbagai tempat hususnya di indonesia hampir semua perkatoran yang berkaitan dengan dokumen, seperti percetakan dan tempat fotokopi menggunakannya.

Printer Epson L360 memiliki beberapa tipe, salah satunya adalah seri L360. Harga yang dibanderol cukup terjangkau dan tergolong laris di pasaran.

Lantas, bagaimana cara me-reset printer Epson L360 jika mengalami error? Simak  tutorial berikut ini.

Cara Reset Printer Epson L360 Setelah Isi Tinta 

Biasanya, error ditandai dengan indikator yang berkedip. Jika sudah seperti ini, maka harus diperbaiki dengan cara reset. Terdapat dua pilihan untuk melakukan reset, yaitu secara manual atau menggunakan software.

Baca Juga : Download Driver Epson L360 Full Version dan Cara Instalasinya 2022

Namun, pastikan kamu telah memeriksa komponen pada printer terlebih dahulu. Sebab, mungkin saja bukan dari sistemnya yang rusak, melainkan tinta printer yang habis, kabel printer putus, atau lainnya. Jika seluruh komponen aman, kamu bisa melakukan cara reset berikut ini:

1. Cara Reset Printer Epson L360 Manual

  • Kamu bisa mencabut kabel power printer terlebih dahulu. Lalu, diamkan selama 5 menit. Jika sudah, kamu bisa pasang kembali kabel tersebut.
  • Selanjutnya, kamu dapat menghidupkan printer dengan menekan tombol ‘Power’, kemudian tekan tombol ‘Resume’.
  • Tekan lagi tombol ‘Power’ dan ‘Resume’ secara bersamaan dan tahan selama 5 menit. Jika sudah, lepaskan kedua tombol tersebut. 
  • Lalu, tekan tombol Power dan Resume secara bersamaan lagi dan tahan selama 3 menit. Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai. Dengan begitu, pengaturan pada printer akan seperti semula. 

2. Cara Reset Printer Epson L360 dengan Software

Jika ingin melakukan cara ini, pastikan kamu memiliki software resmi dari Epson. Kamu bisa mengunduhnya di laman resmi Epson. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi tersebut di laptop atau PC yang kamu gunakan. Kemudian, akan muncul kotak dialog bar ‘EPSON Adjustment Program’, lalu klik ‘Select’.
  • Setelah itu, klik ‘Model Name’ dan pilih salah satu model printer tersebut, yaitu ‘L360’.
  • Jika sudah, klik ‘OK’, dan klik ‘Particular Adjustment Mode’. Nantinya, akan ada banyak perintah yang bisa digunakan untuk menjalankan printer. Kamu bisa scroll ke bawah dan lanjut ke kolom ‘Maintenance’, kemudian pilih ‘Waste Ink Pad Counter’ dan lalu klik ‘OK’.
  • Lalu, akan muncul dialog bar tersebut pada menu ‘Check & Initialization’. Klik centang pada ‘Main Pad Counter’, lalu klik ‘Check’.
  • Kemudian, tunggu proses hingga selesai. Setelah selesai, klik dan centang ‘Main Pad Counter’ kembali dan pilih ‘Initialization’.
  • Terakhir, matikan printer beberapa saat dan diamkan. Lalu, nyalakan kembali printer tersebut.

Itulah beberapa cara reset printer Epson L360. Kamu bisa mencobanya untuk mengatur ulang pengaturan pada printer yang kamu gunakan.

Disklaimer

Dasar Hukum Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menegaskan sebagaimana dalam Pasal 28 F Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyebutkan bahwa setiap Orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh Informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments