Rabu, Juli 24, 2024
BerandaHukum & KriminalKorwil Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasayarakatan Korwil Madura Sidak Rutan Kelas IIB...

Korwil Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasayarakatan Korwil Madura Sidak Rutan Kelas IIB Bangkalan

BANGKALAN – Ketua Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasayarakatan (Satopspatnal) Korwil Madura, yaitu Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Sohibur Rachman, Amd.Ip, S.Sos, M.H melaksanakan kegiatan operasi Gabungan yang dihadiri 52 personil. Tim Gabungan melakukan Operasi Penggeledahan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangkalan dalam rangka memberantas praktik peredaran gelap narkotika, handphone dan barang terlarang lainnya. Kegiatan sidak berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB, Jum’at (20/08/2021).

Sohibur Rachman, Amd.Ip, S.Sos, M.H mengatakan kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen bersama Jajaran Pemasyarakatan Khususnya di Korwil Madura untuk mencegah Halinar (Handphone, Pungli dan Narkoba) di UPT Pemasyarakatan. Dalam Operasi Penggeledahan tersebut tidak menemukan Narkoba dan Handphone, hanya ditemukan beberapa pisau rakitan, botol kaca dan beberapa benda terlarang lainnya.

“Pada dasarnya semua lingkungan wajib digeledah, baik pada kamar hunian napi maupun di lingkungan Rutan. Hal ini dilakukan, karena tidak menutup kemungkinan semua tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang terlarang didalam Rutan,” ungkapnya.

Selain itu, Sohibur Rachman, Amd.Ip, S.Sos, M.H berharap dengan kegiatan ini, Rutan Bangkalan tetap selalu bersih dari Halinar. Sehingga Rutan Bangkalan bisa menjadi percontohan bagi Rutan lainnya.

“Kegiatan ini sekaligus menjawab keraguan dari sebagian Masyarakat yang mengganggap masih banyak Pungli, handphone dan peredaran narkoba didalam Rutan,” tutur Ketua Satopspatnal Se-Korwil Madura.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangkalan Mufakhom menegaskan bahwa Rutan Kelas IIB Bangkalan berkomitmen untuk mencegah Halinar (Handphone, Pungli dan Narkoba).

“Saya ditugaskan ke Rutan Bangkalan untuk membina warga pemasyarakatan dengan baik, sehingga masa depannya terjaga dengan baik dan terhormat. Apabila di Rutan ini terdapat pelanggaran Halinar, tentunya sudah saya tindak dengan tegas dan diberantas,” ungkapnya.

Aktivis Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) Kabupaten Bangkalan, Yodika Saputra mengapresiasi atas sidak yang dilakukan Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Sohibur Rachman, Amd.Ip, S.Sos, M.H bersama 52 personilnya.

“Kita dari Lembaga BPI Bangkalan mengapresiasi atas sidak yang dilakukan oleh Ketua Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasayarakatan Korwil Madura di Rutan Kelas IIB Bangkalan,” katanya.

Yodika mengungkapkan adanya desas-desus penggunaan handphone, indikasi pungli dan adanya pengendalian narkoba di Rutan Kelas IIB Bangkalan menjadikan image Rutan Bangkalan menjadi buruk. Apalagi ada pihak masyarakat yang akan unjuk rasa ke Rutan Bangkalan tadi siang pukul 10.00 WIB.

“Dengan adanya sidak ini sebagai wujud nyata bahwa tidak adanya isu buruk yang beredar terkait pengggunaan handphone, pungli dan narkoba. Kita percaya akan kinerja Kalapas yang saat ini dijabat oleh Pak Mufakhom. Kita yakin Pak Mufakhom akan bersikap tegas dengan cara melakukan pembinaan yang baik terhadap warga rutan dan memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat,” katanya.

Pria yang disapa Bung Yodika tersebut berharap juga untuk Ketua Satopspatnal Korwil Madura agar rutin melakukan sidak di Rutan Kelas IIB Bangkalan. “Semoga tidak hanya hari ini saja sidaknya, namun Ketua Satopspatnal Korwil Madura rutin untuk sidak. Sebagai wujud nyata dan komitmen pembenahan terus-menerus,” harapnya.

( red)

Disklaimer

Dasar Hukum Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menegaskan sebagaimana dalam Pasal 28 F Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyebutkan bahwa setiap Orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh Informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments